Contoh soal dan kunci jawaban Cerdas Cermat Kimia

23.27

Berikut ini merupakan soal dan kunci jawaban cerdas cermat kimia yang pernah saya buat untuk games pada saat acara penyambutan mahasiswa baru "Diamond" . soal-soal ini merupakan soal kimia dengan materi tersebar dari materi kelas 1 sma, 2 sma, 3 sma sampai dengan materi kimia dasar yang diajarkan di bangku kuliah. Soal cerdas cermat ini terdiri dari 3 tingkat kesulitan yaitu babak penyisihan, rebutan dan final.

BABAK PENYISIHAN (12 SOAL)

1.      atom-atom yang nomor atomnya berbeda tetapi nomor massanya sama disebut dengan istilah                                                                                                  (isobar)

2.      Unsur-unsur yang sifatnya mirip dalam sistem periodik terletak dalam satu                                                                                                                                  (golongan)
3.      Peristiwa penghamburan cahaya pada sistem koloid dinamakan                 (efek tyndall)
4.      Zat yang dapat digunakan untuk bahan bakar pesawat terbang adalah  .... (avtur)
5.      Titik didih H2O lebih besar dari pada titik didih H2S. Hal ini disebabkan antar molekul air terjadi ikatan                                                                                       (hidrogen)
6.      Golongan ini merupakan golongan dengan unsur yang tingkat kestabilannya tinggi dan sulit bereaksi dengan unsur lain. Golongan ini adalah         (golongan gas mulia/ 8a)
7.      Unsur dengan nomor atom 9 termasuk unsur golongan ….                          (halogen)
8.      larutan yang dapat mempertahankan nilai pH apabila larutan tersebut ditambahkan sedikit asam atau basa maupun diencerkan disebut  dengan larutan (lautan penyangga)
9.      Bilangan 6,02 x  1023 dalam perhitungan stoikiometri dinamakan dengan bilangan                        (Avogadro)
10.  Dalam teori asam basa brownsted lowry, asam bertindak sebagai (donor proton)
11.  Uji biuret dapat diguunakan untuk menguji adanya ikatan peptida pada protein. Uji positif dengan biuret ditandai dengan perubahan warna menjadi (ungu/ violet)
12.  kecepatan berkurangnya molaritas reaktan tiap satuan waktu atau kecepatan bertambahnya molaritas produk tiap satuan waktu merupakan pengertian dari (laju reaksi)

BABAK 2 : Rebutan (20 SOAL)

1.      Zat yang dalam air dapat bersifat sebagai asam maupun basa disebut zat.. (amfifotrik/ amfoter)
2.      Hukum yang menyatakan banyaknya zat yang dibebaskan selama elektrolisis tergantung pada jumlah listrik yang digunakan adalah...                    (hukum faraday)
3.      reaksi redoks dimana hanya ada satu unsure yang mengalami oksidasi dan reduksi          (autoredoks, disproporsionasi)
4.      hidrokarbon alifatik tak jenuh dengan satu ikatan rangkap  C C disebut... (alkena)
5.      perhitungan sifat koligatif pada larutan elektrolit berbeda dengan larutan nonelektrolit disebabkan dalam larutan elektrolit terdapat                  (faktor van hoff)
6.      Unsur pada golongan gas mulia yang bersifat radioaktif adalah                  (radon)
7.      reaksi uji antara formalin dengan pereaksi tollens akan menghasilkan endapan Ag yang berupa                                                                                     (cermin perak)
8.      Ikatan yang menghubungkan antar gugus amino dari suatu asam amino dengan gugus karboksil dari asam amino lain disebut dengan ikatan ... (peptida)
9.      Reaksi antara alkohol sekunder dengan oksidator kalium permanganat akan menghasilkan senyawa                                                                  (keton)
10.           Benzena yang mengikat metil dinamakan dengan ...                                    ( toluena)
11.           Reaksi antara aldehid dengan oksidator kalium permanganat akan menghasilkan senyawa                                                                                  (asam karboksilat)
12.  Protein merupakan suatu polimer alam yang terdiri dari monomer asam amino dan sumber terdapatnya ada pada wol / sutra. Pembentukan polimer protein ini menggunakan cara                                                                        (kondensasi)
13.           Pembuatan es krim dan pemberian garam pada salju merupakan salah satu contoh penerapan sifat koligatif larutan yaitu                         (penurunan titik beku)
14.           Reaksi esterifikasi antara alkohol dan asam karboksilat akan menghasilkan senyawa berbau harum yang khas. Senyawa yang terbentuk adalah senyawa (ester)
15.           Gaya tarik menarik antar molekul sejenis yang menimbulkan terbentuknya meniskus cekung disebut dengan                                                                        (adesi)
16.           Gerakan acak atau zig-zag dari partikel koloid dalam medium pendispersinya disebut gerak                                                                                                        (brown)
17.  penjernihan air dengan tawas dan pemutihan gula merupakan contoh penerapan  yang melibatkan salah satu sifat koloid yaitu                          (adsorbsi)
18.  sabun dapat menyetabilkan campuran emulsi antara air dan minyak. Sehingga dalam hal ini sabun berperan sebagai zat                                                  (emulgator)
19.  teori atom yang menyatakan bahwa atom seperti bola pejal yang tidak dapat dibagi lagi dinyatakan oleh seorang ilmuwan yang bernama                    (dalton)
20.  gas yang terdapat pada refrigerator dan AC yang ternyata dapat menyebabkan menipsnya lapisan ozon serta menyebabkan peristiwa global warming adalah gas (freon)
21.  gugus fungsi dari asam karboksilat adalah .                                      (–COOH)
22.  Turunan benzena ini digunakan sebagai pelarut dan bahan baku pembuatan zat peledak (TNT). Turunan benzena ini adalah (toluena)

BABAK FINAL
1.      Teori  atom yang menggunakan percobaan sinar alfa dilakukan oleh (rutherford)
2.      Suatu asam amino dapat mengalamo reaksi asam basa internal menghasilkan suatu ion dipolar, yang disebut dengan                                                             (zwitter ion)
3.      pemurnian koloid atau menghilangkan ion-ion pengganggu dari system koloid yang prinsipnya digunakan untuk proses cuci darah pada penderita gagal ginjal dinamakan ..                                                                                        (dialisis) Ppengelompokan sistem koloid yang memiliki medium pendispersi cair dan fase terdispersi padat dikelompokkan dalam....                                         (sol)
4.      Elektron-elektron dapat berpindah dari tingkat energi/kulit yang lebih rendah ke tingkat energi/kulit yang lebih tinggi dengan menyerap energi. Begitu juga sebaliknya. Teori tersebut dinyatakan oleh ilmuwan yang bernama                       (niels bohr)
5.      hidrokarbon yang memiliki rumus molekul C3H4  adalah .......                        (propuna)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
6.      Pada pembakaran bensin dalam mesin sering muncul gas buang melalui knalpot yang     berwarna coklat. Gas buang tersebut adalah. . .                                     (gas no2)
7.      Bilangan kuantum ini menunjukkan letak elektron pada suatu orbital dengan harga – l sampai + l Bilangan kuantum tersebut disebut bilangan kuantum (magnetik)
8.      reaksi ini memiliki ciri ciri melepaskan panas ke lingkungan, temperature campuran reaksi akan naik , serta harga entalpo sesudah reaksi lebih kecil sehingga  ΔH bernilai negative. Reaksi ini disebut dengan reaksi                                      (eksoterm)
9.      Senyawa sf6 memiliki bentuk molekul                                                 (oktahedral)
10.  alkohol yang direaksikan dengan asam karboksilat akan menghasilkan suatu senyawa                   (ester)
11.  gugus fungsi Ini memiliki ciri ciri rumus molekul CnH2nO , gugus kabonil terletak di ujung, dapat dioksidasi menjadi asam karboksilat dan dapat bereaksi dengan pereaksi tollens. Gugus fungsi tesebut adalah                                                         (aldehid)
12.  besarnya energi yang dilepas atau diserap oleh atom netral dalam bentuk gas pada penangkapan satu elektron untuk membentuk ion negatif merupakan pengertian dari                                                                                                              (afinitas elektron)
13.  reaksi penjenuhan ikatan rangkap hidrokarbon menjadi ikatan tunggal dengan menangkap atom hidrogen disebut dengan reaksi?                                                (adisi)
14.  Harga biloks oksidgen dalam seyawa adalah -2 kecuali untuk beberapa senyawa. Harga biloks dari oksigen dalam senyawa superoksida adalah                (-1)
15.  Berapa volume dari 0,2 mol gas oksigen pada kondisi STP                            (4,48 liter)

16.  Prinsip yang menyatakan Dalam satu atom tidak mungkin ada 2 elektron yang mempunyai keempat bilangan kuantum yang sama adalah              (larangan pauli)

You Might Also Like

0 comments