Sarana, Prasarana, Fasilitas dan Progam Kerja Man Lamongan

03.21

Sarana Prasana MAN Lamongan
1.         Masjid Darussalam
Masjid ini memang cukup besar, tetapi jika dibandingkan dengan banyaknya warga sekolah dirasa masih sangat kurang besar, akibatnya setiap tiba waktu sholat siswa dan siswi MANELA berdesak desakan untuk mendapatkan air wudhu, sehingga sholatnya bergilran. Sehingga hal itu mempengaruhi semangat siswa dalam melaksanakan sholat dhuhur berjama’ah.
Saran kami, jika tidak dapat dilaksanakannya perbesaran masjid, bisa digunakan cara pembagian giliran waktu sholat yang lebih teratur.

2.         Koperasi Sakinah
Koperasi Sakinah melayani kebutuhan warga sekolah, mulai dari simpan pinjam, kebutuhan rumah tangga, kebutuhan belajar siswa (alat-alat tulis, buku pelajaran, seragam, atribut sekolah, dan foto copy). Karena tujuan koperasi itu sendiri adalah melayani kebutuhan warga sekolah, menurut kami hargannya terlalu mahal, apalagi penjualan atribut sekolah.
Saran kami, harga tolong disesuaikan dengan kantong siswa, dan tidak merugikan koperasi (terjangkau).
3.         Pos Satpam
4.         Sarana Ekstarakulikuler MAN PALA
Berupa satu unit dinding panjat (wall) untuk melancarkan terlaksananya kegiatan ekstra PALA.
5.         Sistem informasi akademik berbasis sms sender (finger print)
Alat ini digunakan untuk mengetahui tingkat kehadiran pendidik, tenaga kependidikan dan siswa siswi bagi lembaga dan sebagai informasi bagi orang tua siswa (wali siswa) atas kehadiran putra putrinya di MAN Lamongan melalui sms hp orang tua siswa setiap hari.
6.         Ruang Guru
7.         UKS
suatu layanan kesehatan yang diberikan kepada seluruh warga sekolah yang membutuhkan. Perlengkapan uks terdiri dari obat-obatan, cek kesehatan atau pengobatan ringan oleh tenaga medis yang punya otoritas di bidangnya. Menurut kami ruang uksnya kurang besar sehingga pasien merasa tidak leluasa, dan ruang uks ini sering digunakan untuk rapat kader uks yang menyebabkan ketidaknyamanan bagi pasien yang berada didalamnya. Saran kami kader uks dibuatkan ruang tersendiri seperti halnya ruang sekertariat osis.
8.         Keran disetiap depan ruang kelas
Untuk menunjang kebersihan dan kenyamanan siswa dan siswi MAN
9.         Ruang Pertemuan (meeting)
Ruangan ini digunakan untuk mengadakan pertemuan dan rapat dengan tamu-tamu penting
10.     Gudang
Di Man ini terdapat 3 ruang gudang. Gudang pertama berada di sebelah ruang pertemuan (ruang meeting) dan di sebelah base camp man pala. Gudang yang kedua berada di sebelah gedung asrama putra dan gudang yang ketiga terletak di sebelah ruang tempat latihan drumband dan music.
Meskipun gudang merupakan ruangan tempat barang-barang yang sudah tidak dibutuhkan lagi, bukan berarti semua barang tersebut tidak berguna dan bukan berarti juga ruangan barang tak dibutuhkan harus berantakan dan kotor. oleh karena itu sebaiknya pihak sarana dan prasarana juga memperhatikan kondisi gudang MAN ini. Dengan begitu gudang akan tampak lebih rapi dan nyaman untuk dipandang
11.     Laboratorium Komputer
Laboratorium di MAN berjumlah 3 ruang. Menurut kami, sarana dan prasarana di laboratorium ini sudah mencukupi dan cukup lengkap. Tapi sayangnya masih ada beberapa computer yang tidak bisa digunakan dan menyebkan kegiatan belajar mengajar menjadi terhambat.  Selain itu ruang laboratorium yang berhawa panas juga harus diperhatikan juga. Hal ini dapat ditanggulangi dengan penambahan AC ataupun mesin pendingin computer (cooling pad)
12.     Gedung ruang unggulan
Gedung ruang unggulan MAN lamongan terpusat di gedung ibnu sina. Selain itu ada juga ruang unggulan yang berada di samping ruang laboratorium kimia yaitu ruang 10-k (kelas unggulan bilingual arab) dan 10-h (ruang unggulan bilingual inggris 1). Menurut kami ruang unggulan ini sudah sangat bagus dengan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari AC, kipas angin, loker, computer di meja guru, wi-fi, printer, LCD dan lain sebagainnya. Kondisi ruangannya juga terang dan luas, sangat nyaman untuk kegiatan belajar-mengajar.
13.     Toilet guru
Toilet guru berada di belakang ruang kantor guru sekarang. Kondisinnya bersih dan rapi. Tapi menurut kami, jumlah toilet guru ini perlu ditambah. Karena jumlah toilet ini tidak seimbang dengan jumlah tenaga pendidik di MAN lamongan ini.
14.   Toilet siswa
Toilet siswa menyebar di seluruh lingkungan madrasah aliyah negeri lamongan dengan jumlah total kira-kira 25 toilet. Di tiap gedung rata-rata memiliki 4 toilet. Menurut kami kondisi toilet Man lamongan cukup bagus dan bersih karena murid-murid disini sangat memperhatikan kebersihan. Tapi masih harus diperhitungkan masalah penempatan toilet berdasarkan jenis kelamin. Di man ini toilet pria dan wanita bercampur menjadi satu. Tidak dibedakan berdasarkan jenis kelaminnya. Yang kami harapkan untuk prospek ke depan MAN, toilet di Man dibedakan antara yang laki-laki dan yang perempuan sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan hal-hal yang menyebabkan mudharat.
15.     Perpustakaan
Perpustakaan merupakan hal yang harus ada dalam suatu sekolah. Termasuk di Man ini, keberadaan perpustaan merupakan ikon yang wajib. Perpustakaan Man ini menyediakan berbagai buku dan karya ilmiah untuk dijadikan sumber referensi bagi siswa MAN. Mulai dari: buku paket pelajaran, kamus, makalah, fiksi, dan yang lain sebagainnya semua tersedia di perpustakaan man ini. Perpustakaan ini buka pada hari senin-jumat dengan rincian waktu:
Senin-kamis buka dari jam 07.00-16.30
Jumat buka pada jam 07.00-14.00
Dan pada hari sabtu buka pada jam 07.00-14.00
Siswa yang hendak membaca di perpustakaan harus mengisi absen dan tidak boleh membawa jaket, tas dan sepatu. Oleh karena itu disediakaan prasarana rak untuk menampung tas dan sepatu tersebut. Fasilitas di perpustakaan man ini dirasa sudah cukup lengkap antara lain: computer dan wi-fi, rak, kipas angin dan lain sebagainnya.
16.     Loket pembayaran PT.BPR Syariah Madinah
Untuk menyelesaikan masalah administrasi pembayaran spp, siswa akan membayarnya di loket pembayaran PT.BPR syariah mandiri. Siswa dilayani oleh penjaga bank madinah.  Buka pada tanggal-tanggal awal yaitu tanggal 1-10. Apabila siswa tidak membayar pada tanggal tersebut maka mereka harus membayar di bank madinah diluar lokasi MAN lamongan.
17.     Aula
18.     Gedung ruang regular
Gedung ruang regular terdapat di belakang MAN lamongan. Gedung ini terdiri dari 6 ruangan kelas (kelas 10b-10f) dan 4 toilet. Menurut pendapat kami,  ruang regular sangat pengap dan panas. Seharusnya meskipun ruang regular, sarpras juga harus memperdulikan sarana dan prasarana yang ada. Sehingga murid-murid kelas regular juga bisa mengembangkan potensi dirinnya yang ada secara maksimal tidak kalah dari siswa RMBI dan kelas akselerasi
19.     Sanggar seni
Sanggar seni ini digunakan untuk tempat latihan band. Disini disediakan sarana dan prasarana drum, gitar, microphone dan lain sebagainnya untuk menunjang kegiatan siswa di ekstrakurikuler band.
20.     Ruang keterampilan busana
Ruang keterampilan busana berada dibawah gedung aula. Di ruangan ini, kami rasa terdapat sarana dan prasarana yang cukup lengkap seperti halnya mesin jahit dan peralatan menjahit lainnya. Sarana tersebut sangat berguna untuk menunjang kreatifitas siswa dalam menghasilkan pakaian.
21.     Ruang drum band
Ruang  ini bukanlah ruang latihan, tetapi merupakan ruang tempat alat-alat drumband tersedia seperti halnya drum, terompet, bendera, tongkat mayoret dan yang lainnya. Kondisinnya cukup suram seperti gudang. Untuk ekstrakurikuler yang menjadi primadona dari MAN Sebaiknya dibuatkan ruang khusus tempat latihan drumband berada, sehingga siswa yang mengikuti ekstra ini tidak kepanasan saat berlatih dan memaksimalkan efektifitas latihan.
22.     Laboratorium biologi
Laboratorium man lamongan terletak bersebelahan dengan laboratorium kimia. Laboratorium ini menyediakan sarana dan prasarana mikroskop, kaca preparat dan alat-alat lain yang berfungsi sebagai alat penelitian. Laboratorium ini sangat menunjang untuk kegiatan belajar-mengajar di bidang sains dan sangat menunjang untuk dijadikan tempat penelitian bagi siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler karya ilmiah remaja
23.     Laboratorium kimia
24.     Ruang BK
25.     Asrama putra
26.     Laboratorium fisika
27.     Tempat parkir
28.     Sanggar pramuka
29.     Ruang sekretariat OSIS
30.     Ruang Kepala sekolah
31.     Ruang wakil kepala sekolah
32.     Ruang tata usaha
33.     Lapangan bola voli
34.     Lapangan futsal sekaligus lapangan basket
35.     Internet Hotspot free
36.     Ruang akselerasi

Progam kerja Man lamongan
1.       Penerapan SMM iso 9001 : 2008
Penerapan system ini berfungsi untuk penjaminan mutu dan kualitas pengajaran Man lamongan. Sehingga mutu dan kualitas Man terjamin dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap man.
2.       Pengembangan bahasa inggris dan bahasa arab
Progam ini merupakan pelatihan bahasa inggris (berupa TOT untuk guru, pelatihan ELPT-english language proficiency test – baik untuk guru dan peserta didik serta pendampingan kelas ELPT.
3.       Pembiasaan bahasa inggris, bahasa arab dan bahasa jepang
Setiap pagi sebelum kegiatan belajar-mengajar dimulai dan setelah bel masuk, man lamongan mengadakan progam pembiasaan berbahasa (inggris, arab dan jepang) yang disampaikan melalui speaker secara bergantian selama kurang lebih 5 sampai 8 menit. Dengan dihadirkan progam ini, diharapkan kemampuan berbahasa siswa-siswi man lamongan semakin meningkat. Dalam progam ini disediakan buku panduan untuk menunjang kegiatan.
4.       Pembiasaan pembacaan al-quran
Setiap pagi sebelum kegiatan belajar-mengajar dimulai dan setelah bel masuk, di man lamongan selalu diadakan pembiasaan pembacaan al-quran yang dipandu oleh siswa dan guru.  Diharapkan dengan pembiasaan pembacaan al-quran ini karekter qurani siswa semakin meningkat dan siswa siswi man lamongan terbiasa dalam membaca al-quran.
5.       Kegiatan kerohanian pembacaan asmaul husna setiap bel pulang sekolah
6.       Salam ta’dzim antara guru dan murid di gerbang man tiap pagi.
Setiap pagi, ketika siswa dan siswi masuk ke gerbang lamongan disambut oleh guru-guru untuk bersalaman ta’dzim. Progam ini diharapkan bisa meningkatkan tali silaturrahmi dan meningkatkan keakraban antara guru dan murid.
7.       Kegiatan sholat  dhuhur berjamaah
8.       Ekstrakurikuler yang dilaksanakan pada hari sabtu
Di man lamongan, kegiatan ekstrakurikulernya terpusat pada hari sabtu setelah kegiatan muhadhoroh dan pramuka diadakan. Kegiatan ekstrakurikuler bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa diluar kurikulum kegiatan belajar mengajar normal.
9.       Progam setara D1 teknik computer
Untuk meningkatkan sumber daya lulusan MAN lamongan agar kelak memiliki daya saing di pentas persaingan global, khususnya di bidang ilmu computer dan teknologi informasi dan komunikasi maka sejak tahun 2009 man lamongan mengadakan progam setara D1 teknik computer. Progam setara d1 teknik computer ini ditempuh selama 5 semester atau 2,5 tahun. Progam ini dilaksanakan dengan bantuan kerja sama dari prodistik ITS.
10.   Pendampingan materi ujian nasional


You Might Also Like

0 comments