Belajar bahasa jepang: mengenal huruf jepang part 1

17.58

Bagian Satu : Tentang Kanji, Hiragana, Katakana dan Romaji


Kali ini kita akan mempelajari huruf / aksara yang dipakai dalam penulisan Bahasa Jepang. Minasan sudah tahu? Pernah belajar?
Ok, kita mulai, ya. Dalam Bahasa Jepang huruf yang digunakan 4 macam, yaitu Kanji, Hiragana, Katakana dan Romaji (atau ada juga yang menyebutnya Romanji). Lhoh, kok banyak banget ya hurufnya? Hehehe, iya memang dan susahnya keempat-empatnya tuh dipakai semua dalam Bahasa Jepang.
Ceritanya nih duluuuu sekali, orang Jepang tidak punya karakter tulisan untuk menuliskan Bahasa Jepang. Mereka cuma mengenal cara menggambar yang sangat tidak praktis.
Coba bayangkan, kalau misalnya mau nulis “pada jaman dahulu kala, tinggallah seekor singa galak, kejam, bringas -namun sayang kepada teman-temannya- bersama 10 keluarganya di hutan yang sangat lebat”, trus nulisnya pake gambar gimana hayo.... Susah kan ya ^_^
Orang Jepang kemudian berpikir cara yang lebih praktis. Mereka akhirnya berpikir untuk memakai huruf China dan mengirimkan orang-orangnya untuk belajar huruf China.
Huruf China yang mereka pelajari dan kemudian nanti dikenal dengan nama Kanji ini, tidak serta merta langsung digunakan dalam Bahasa Jepang. Ini nih yang agak perlu pemahaman. Orang Jepang cuma mengambil karakter huruf-nya saja, tidak mengambil bunyinya (ada sedikit ding). Makanya kalau ada huruf 人yang artinya “orang/manusia” orang Jepang membacanya “hito” atau “nin” atau “jin” sementara orang China (kalo ga salah ni) membacanya “ren”. Walaupun pada akhirnya nanti ada beberapa cara baca China yang juga diadopsi ke Bahasa Jepang.

Itulah kenapa pembelajar Bahasa Jepang yang berasal dari negara yang menggunakan huruf Kanji, misalnya China, Korea, Taiwan dsb akan lebih cepat menguasai Bahasa Jepang. Alasannya selain artinya yang masih kebanyakan sama atau mirip, bunyi atau cara bacanya pun kadang-kadang juga masih mirip (makanya dulu ada siswa saya yang keturunan China yang hampir mengalahkan saya pas urusan cara nulis Kanji, tapi kalo cara bacanya dsb, masih pinter senseinya dong, hehehehe).
Itulah, huruf Kanji akhirnya digunakan dalam Bahasa Jepang. (cerita di atas itu ‘katanya’ lho, ya, soalnya pas kejadian saya belum lahir, jadi ga tau bener ato tidaknya^^ nanti saya cek lagi ke beberapa buku lainnya, hehehe)

Sekarang kita bahas satu per satu ya.
Yang pertama, Kanji. “Kan” artinya “China”, “Ji” artinya “Huruf”, jadi kanji asal katanya berarti huruf China (makanya jangan pakai embel2 kata “huruf “ lagi ya, ‘HURUF Kanji’ itu cara penyebutan yang salah, yang betul KANJI saja).
Kanji ada yang cuma terdiri dari 1 coretan (kanji 1 atau ichi misalnya) ada juga yang sampai satu huruf terdiri dari lebih dari 32 coretan (hhuuaww....)

Tiap kanji biasanya sudah berdiri sendiri dan punya cara baca serta arti sendiri-sendiri, tapi jangan heran kalau ada juga sebuah Kanji yang punya tiga, empat atau mungkin lebih dari lima cara baca. Ini tidak sulit kok! Tidak seperti kelihatannya. Bahkan kalau sudah belajar nanti belajar Kanji jadi salah satu hal menarik ketika kita belajar Bahasa Jepang. Kanji tuh keren loh, ga susah lagi. Lain kali kita akan bahas lebih lanjut tentang Kanji ya...

Kembali ke pembahasan tentang huruf Jepang. Huruf kedua adalah Hiragana. Hiragana merupakan penyederhanaan dari Kanji. Untuk beberapa alasan orang Jepang merasa Kanji tidak begitu praktis untuk digunakan dalam beberapa kesempatan, makanya mereka menyederhanakan Kanji menjadi Hiragana.
Tidak seperti Kanji yang tiap huruf punya arti, Hiragana lebih mirip Aksara Jawa kita. Hurufnya berbunyi menurut baris A I U E O, KA KI KU KE KO, SA SHI SU SE SO, dst. (untuk lebih jelasnya lihat bagian 2 pelajaran mengenal Hiragana).
Hiragana terdiri dari 46 huruf / karakter utama. Selain itu cuma turunan dari karakter utama yang bisa dipelajari perubahannya. Jika huruf di baris KA, SA, TA, dan BA diberi tenten (dibaca: tengteng) atau chonchon (chongchong) yaitu dua garis kecil di kanan atas yang mirip tanda kutip, maka bunyi huruf tersebut menjadi lebih berat. KA menjadi GA, SA menjadi ZA dsb. Ada 20 huruf seperti ini, dan dinamakan karakter dakuon.
Jika pada baris BA, tenten-nya diganti dengan maru (lingkaran) maka suara menjadi lebih berat lagi, PA PI PU PE PO dsb. (lihat gambar tentang hiragana di artikel bagian 2).
Selain huruf di atas, ada satu jenis karakter lagi yang diperoleh dengan menggabungkan huruf-huruf yang berbunyi akhiran I ditambah YA, YU, atau YO kecil. Karakter Hiragana ini dinamakan karakter Yoon.
Yang perlu diperhatikan ketika kita mengetikkan Hiragana di komputer adalah huruf CHI yang diberi tenten bisa muncul jika kita mengetikkan DI, TSU tenten muncul jika kita mengetikkan DU, WO (partikel O) muncul jika kita ngetikkan WO, dan N muncul jika kita mengetikkan NN.

Untuk fungsinya, Hiragana digunakan penuh oleh mereka yang baru belajar Bahasa Jepang dan belum belajar Kanji. Hiragana juga dipakai di atas Kanji (disebut okurigana) untuk menunjukkan cara baca Kanji tersebut. Partikel-partikel dan kata-kata asli Bahasa Jepang bisa dengan bebas kita tulis menggunakan Hiragana, dsb. Begituu...
Itu Hiragana ya..... Terus selain Kanji dan Hiragana, ada juga Katakana.
Katakana ini sekarang dipakai untuk menuliskan kata-kata serapan dari bahasa asing, nama-nama orang asing, nama-nama spesies walaupun aslinya menggunakan Bahasa Jepang, kata-kata asli Bahasa Jepang yang berkonotasi negative, dan kata-kata yang mendapatkan penekanan dalam suatu kalimat.
Cara dan aturan penulisannya mirip dengan Hiragana (lihat bagian pelajaran Mengenal Katakana).

Satu huruf lagi adalah Romaji atau juga ada yang menyebut Romanji. “Roma” adalah nama “Kota Roma” di Italia. Yang dimaksud Romaji adalah huruf yang terdiri dari alphabet A sampai Z yang setiap hari kita gunakan. Kalau cara nulisnya ga perlu belajar kan ya. Orang Jepang kadang-kadang menggunakan Romaji di kesempatan dia tidak bisa memakai karakter Bahasa Jepang, misalnya pas ngirim sms atau e-mail pakai HP ataw komputer Indonesia yang ga ada Japanese Character-nya. Di tempat2 umum di Jepang, kadang2 penunjuk jalan atau arah juga disediakan versi Romaji-nya untuk memudahkan orang asing.
Yang mungkin diperhatikan adalah ada beberapa orang Jepang yang versi tulisan Romaji-nya berbeda walaupun cara baca atau pelafalannya sama. Lengkapnya lihat table di bawah ya. Ada beberapa cara penulisan (romanisasi) yang berbeda, tetapi cara bacanya tetep sama.

Romaji versi I Romaji versi II Pelafalan
SHI SI SHI
CHI TI CHI
TSU TU TSU
WA HA WA (untuk partikel)
FU FU / HU FU
E HE E (untuk partikel)
RA / RI / RU / RE / RO LA / LI / LU / LE / LO RA / RI / RU / RE / RO
O WO O (untuk partikel)
JI DI JI (untuk CHI tenten)
ZU DU ZU (untuk TSU tenten)
SHA / SHU / SHO SYA / SYU / SYO SHA / SHU / SHO
CHA / CHU / SHO CYA / CYU / CYO CHA / CHU / CHO
JA / JU / JO JYA / JYU / JYO JA / JU / JO (dari SHI)
JA / JU / JO DYA / DYU / DYO JA / JU / JO (dari CHI)
OU OO / OU OO (bunyi O panjang)
TI THI TI (katakana)
TU TOLU TU (katakana)
Jadi, itsumo bisa juga ditulis itumo, tsuzukimasu bisa ditulis tsudukimasu, ja mata ashita bisa ditulis jya mata asita dsb.

Source : http://tadotsugakuen.blogspot.com

You Might Also Like

7 comments

  1. https://jualblowerjkt.blogspot.com/2021/01/jual-blower-axial-fan-termurah-bogor.html

    BalasHapus
  2. Kami menjual dan menyewakan backdrop dengan harga terjangkau dan kualitas yang terbaik.
    Backdrop ini biasa digunakan untuk acara seminar, pameran, photobooth, dan lain-lain.
    Tersedia ukuran 2x2, 2x3, 3x3, dst.

    Selain itu, kami juga menjual dan menyewakan sekat ruangan, ticket box, booth portable, dan masih banyak lagi.

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi telp/wa 081112520806
    Office:' Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.
    https://partisijakarta2002.blogspot.com/

    BalasHapus


  3. KAMI MENJUAL DAN MENYEWAKAN BERBAGAI MACAM PARTISI R8 DIANTARANYA:
    1. Pembuatan Stand Pameran
    2. Pembuatan Fitting room r8
    3. Pembuatan Ruang Vaksin,bilik vaksinasi 2x2 bilik vaksinasi 2x3 bilik vaksinasi 3x3
    4. Pembuatan Kamar UGD PORTABLE
    5. Pembuatan Panel Photo,sketsel photo
    6. Pembuatan Sekat Ruangan,sekat kantor,sekat pembatas
    7. Pembuatan Stand Bazaar dll

    Call/wa: 085100463227


    Bilik Vaksinasi 2x2,bilik vaksinasi 2x3,bilik vaksinasi 3x3,sekat ruangan pembatas rumah sakit,sekat rumah sakit,sekat kantor,sekat partisi r8,partisi ruangan,harga partisi ruangan,harga bilik vaksinasi 2x2,harga bilik vaksinasi 2x3,harga bilik vaksinasi 3x3
    Harga bilik vaksinasi Rp 1.000.000/m
    Harga bilik vaksinasi 2x2 Rp 8.000.000
    Harga bilik vaksinasi 2x3 Rp 10.000.000
    Harga bilik vaksinasi 3x3 Rp 12.000.000


    https://www.cvbahagiasuksesmakmur.com/
    https://www.jualbackdrop.com/
    https://www.cvbahagiasuksesmakmur.com/
    https://www.youtube.com/watch?v=M_QVlp3aCvM
    https://www.youtube.com/watch?v=JTp5r-Ja2ZA
    https://twitter.com/PartisiJakarta
    https://sites.google.com/view/bilikvaksinasijakarta
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/
    https://www.facebook.com/partisipameranku
    https://www.facebook.com/partisipameranjakarta
    https://www.facebook.com/partisipameranbandung
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/bilik-vaksinasi-ruang-vaksinasi/
    https://www.jualbackdrop.com/2020/09/jual-sekat-partisi-r8-jakarta.html
    https://www.bukalapak.com/u/nahdaayu
    https://www.tokopedia.com/nahdaayu/sekat-ruangan-partisi-ruangan-sekat-kantor-partisi-kantor
    https://twitter.com/PartisiJakarta
    https://www.instagram.com/getshuashita/
    https://www.tokopedia.com/pameranmurah1/jual-panel-photo-partisi-pameran
    https://id.pinterest.com/partisipameranjakarta/jual-panel-photo-jakarta/
    https://id.pinterest.com/bahagiasuksesmakmur
    https://www.youtube.com/watch?v=W7VOsDqeEIA
    https://www.youtube.com/watch?v=zgg5sqJrS5Q
    http://partisipamerantasikmalaya.blogspot.com/2018/01/sewa-dan-jual-panel-photo.html
    http://partisimurahtangerang.blogspot.com/2018/01/sewa-dan-jual-panel-photo.html
    http://partisipamerangraserang.blogspot.com/2018/02/sewa-dan-jual-panel-photo.html?m=1
    https://jualsewapanelphotojakarta.blogspot.com/
    https://id.pinterest.com/pin/806848089489613302
    https://www.bukalapak.com/u/nahdaayu
    https://www.youtube.com/watch?v=4T8LJ4-WbXs
    https://twitter.com/BahagiaCv
    https://www.facebook.com/CVBahagia-Sukses-Makmur-101175225182298




    jual bilik vaksinasi ,sewa bilik vaksinasi,bilik vaksinasi ruangan,sewa sekat rumah sakit, sewa sekat pembatas rumah sakit ,bilik vaksinasi 2x2,bilik vaksinasi 2x3,bilik vaksinasi 3x3,harga bilik vaksinasi,bilik vaksinasi murah,sewa partisi r8,sewa partisi ruangan,sewa partisi pameran,harga partisi r8 ,sewa partisi pameran,sewa sekat ruangan,jual sekat ruangan,harga sekat 2x2,harga sekat 2x3.harga sekat 3x3,sewa partisi r8,harga partisi r8,.jual partisi pameran,sewa panel photo,jual panel photo,harga sewa panel photo,sewa sketsel photo,kontraktor pameran,sewa backdrop pameran,sewa backdrop r8,sewa backdrop lamaran,harga backdrop lamaran,harga backdrop r8,sewa ticket box,jual ticket box,harga stand 2x2,harga stand 2x3,harga stand 3x3,sewa stand 2x2,sewa stand 2x3 ,sewa stand 3x3,harga stand r8,harga stand pameran,sewa meja r8,sewa meja display,sewa booth r8,sewa booth portable













    BalasHapus
  4. CV Bahagia sukses makmur menyediakan jual dan sewa panel photo untuk mempercantik event anda. Panel photo ini biasanya digunakan untuk menampilkan karya 2 dimensi (lukisan, foto, poster, sticker, dll). tersedia warna hitam dan putih. ukuran per panel 2,5 x 1m.
    percayakan event anda pada kami karena saat ini kami memiliki peralatan properti yang modern serta tenaga kerja yang profesional.

    BENTUK PANEL PHOTO DAPAT DISESUAIKAN

    info lebih lanjut dapat hubungi 0811 1252 0806
    office :Ruko cendana raya no.15A, bencongan indah - Tangerang

    https://partisijakarta2002.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. CV Bahagia sukses makmur menerima jasa pembuatan produk yang berhubungan dengan fiberglass seperti,
    - ember tumpah
    - mannequin
    - playground outdoor indoor
    - patung-patung
    - maskot patung produk
    - untang anting
    - roller coster
    - kincir angin
    - seluncuran
    - kora-kora
    - waterslide (boomerang,waterboom,race slide,torpedo)
    - wall climbing
    - papan basket ball
    - dan produk fiber lainnya
    info lengkapnya HUB Telp/Wa 081112520806
    Jasa pelayanan kami dapat di akses untuk seluruh daerah indonesia.

    https://waterparkkontraktor24.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. Kami CV. Bahagia Sukses Makmur Menjual Tenda Roder bentangan l0 dan kelipatan 5 , tenda transparan yang digunakan buat wedding atau acara lain dan tenda kerucut yang bisa digunakan untuk tempat promosi dan bisa juga digunakan untuk tenda vaksinasi covid 19 dengan Berbagai Macam Bahan Dan Ukuran betangan 10, 15 dan betagan 20 Sesuai Dengan Kebutuhan Yang diPerlukan tenda vaksinasi juga Bisa Digunakan untuk tempat ruagan darurat sesuai kebutuhan bapak ibu.

    untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami
    NO. HP :081996000567 (lina)
    Alamat Ruko Cendana raya 15 a Tangerang, Bencongan indah, Karawaci Tanggerang

    https://www.jualo.com/profile/iklan
    https://www.olx.co.id/myads
    https://id.pinterest.com/tendaroder24/_created/
    https://twitter.com/PameranR8
    https://sites.google.com/u/2/new?authuser=2
    https://www.kaskus.co.id/@Huruftimbul23/?ref=header&med=profile_menu
    https://www.tokopedia.com/alishabsm


    #jualtendasarnafilmurah #jualtendabentagan10 #jualtendabentagan15 #jualtendabentagan20 #jualtendaBerkualitas #jualtendavaksinasitangerang #jualtendavaksinasijakarta #jualtendavaksinasibogor #jualtendavaksinasidepok

    BalasHapus
  7. CV Bahagia sukses makmur adalah perusahaan yang menjual tenda sarnafil dengan berbagai macam ukuran.

    Tenda sarnafil atau tenda kerucut biasanya digunakan untuk tenda promosi
    Tersedia ukuran 3x3, 4x4, dan 5x5.
    Rangka aluminium.
    Tersedia berbagai macam bahan tergantung keinginan anda. Bisa custon logo / branding.
    Melayani pembelian di seluruh Indonesia, jabodetabek dan luar jabodetabek.

    Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi :
    Telp/WA : 081316140397 rahma
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci Tangerang.


    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    #tendamurah #sewatendamurah #jualtenda #jualtendamurah #jualsewatenda #jualsewatendamurah #tendamembran #tendahanggar #tendasarnafil #tendabazar #tendakerucut #tendagudang #tendajualan #tendadarurat #tendavaksin #tendaevent #tendaroder #tendapabrik #tendacafe #tendajabodetabek #tendatangerang #tendabogor #tendalaris #tendakerucut #tendapameran #tendakarnaval #tendavaksinasi #tendakerucut #tenda #jualtenda #jualtendajakarta

    BalasHapus